Sabtu, 04 Oktober 2014

Pertama-tama kita belajar dan mengenal perintah-perintah dasar pada Linux

Untuk membuka terminal pada linux kita menggunakan "Ctrl+alt+t" atau masuk mode searching lalu ketikan "Terminal" lalu tekan "enter"




Berikut ini perintah dasar terminal pada Linux :

a) ls : untuk menampilkan list atau daftar isi dari direktori yang aktif. Contoh : ls Download (untuk menampilakan isi folder download apa saja)
b) pwd : menampilkan nama direktori yang sedang aktif.
c) mkdir : membuat direktori baru. Contoh : mkdir /home/regulus/Desktop/folderbaru  (Kita membuat foder baru di Dekstop dengan nama folderbaru)
d) chmod : untuk memodifikasi hak akses suatu file. Contoh : chmod 777 contoh.txt (Kita memberi hak akses untuk file "contoh.txt". Maksud dari 777 ini adalah pemberian hak akses untuk "read" "write" "execute" untuk user/pemilik, group atau lainnya )
e) chown : untuk mengganti owner dari suatu file atau direktori.
f) sudo : berfungsi mengeksekusi sebuah perintah/program sebagai super user. Contoh : sudo apt-get install virtual box (menginstall virtual box sebagai super user)
g) grep : untuk melakukan pencarian terhadap string (kumpulan karakter) yang terdapat pada sebuah file.
h) ps : untuk mengecek proses yang sedang berjalan pada server.
i) cd : untuk berpindah direktori. Contoh : cd /home/regulus/Dektop/  (berpindah direktori ke Desktop)
j) halt : untuk memeberi tahu kernel supaya mematikan sistem atau shutdown yang hanya bisa dijalanakan oleh super user.
k) chroot : menjadikan home direktori dari suatu user seperti roor di sistemnya sendiri sehingga mencegah user tersebut naik ke level direktori yang lebih tinggi dan mengambil informasi.
l) rm : untuk menghapus file atau direktori.
m) mv : memindahkan atau mengganti nama file. mv Asal Tujuan
n) date : mencetak atau merubah tanggal dan waktu pada komputer.
o) free : untuk meliha informasi di dalam memory.
p) whoami : mencetak login name anda. Untuk mengetahui anda terlogin dengan user apa.
q) which : menampilkan lokasi perintah dasar yang kita cari. Bisa juga mencari file direktori.


Nah, sudah mengenal perintah dasar pada terminal linux kan ? Sekarang kita mencoba untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang kita selesaikan dengan berbagai perintah di Linux.

1. Kita ingin mendownload sebuah file dari  sebuah situs kemudian kita mengganti nama file tersebut menjadi "hari sekarang, tanggal:bulan:tahun"

a) pertama, kita membuat file berformat ".sh" untuk menjadi script comand yang akan kita kita ketikkan. Ketikkan perintah "touch nama_file.sh" di sebuah direktori. Untuk mengedit kita masuk ke printah "nano nama_file.sh"Berikut tampilannya :



File yang saya sorot inilah yang saya buat dengan perintah "touch"



Tampilan di dalam perintah edit "nano"

b) Lalu, kita ketikkan



-Pada script di atas kita mengetikkan "#!/bin/bash" sebagai deklarasi bahwa yang kita ketikkan ini merupakan script bash.
-"export http_proxy=http://10.151.34.14:1111" merupakan perintah untuk menyeting proxy kita.
-"folder=$(date +%A-%d-%m-%Y)" merupakan script untuk mendeklarasikan variabel "folder" berformatkan  "hari sekarang, tanggal:bulan:tahun"
-"tanggal=$(date +%H:%M:%S)" merupakan script untuk mendeklarasikan variabel "tanggal" berformatkan  "Jam sekarang:menit sekarang:detik sekarang"
 -Nah, untuk mengaktifkan direktori tempat kita mendownlaod "cd /home/regulus/Desktop" kemudian kita buat foldernya sesuai format "mkdir -p $folder", untuk masuk ke folder tersebut lalu kita "cd $folder".
-Yang terakhir kita mendownload file tersebut dengan perintah "wget", dengan format "wget alamat_file_tersebut".

2) Masalah yang selanjutnya kita ingin mengupload suatu file dengan terlebih dahulu mengkompress file tersebut dengan format ".tar". Berikut tampilannya :




a) "tar -zcvy D06.tar.gz /home/regulus/Desktop/$(date '+%d-%m-Y')" digunakan untuk mengkompres file dari direktori home/regulus/Desktop/$(date '+%d-%m-Y') dengan memberi nama D06.tar.gz
b) "sudo curl -F "myfile=@D06.tar.gz" http://10.151.36.71/modul/uploader.php" Nah, inilah perintah yang penting dalam mengupload file, perintah "curl" digunakan untuk mengupload file ke alamat http://10.151.36.71/modul/uploader.php


 Nah, sekian tutorial penggunaan perintah Linux untuk menyelesaikkan suatu masalah.






0 komentar:

Posting Komentar