Selasa, 23 September 2014

Setelah 3 hari tidur cuma 2 jam gara-gara bikin PKM, akhirnya saya bisa menyempatkan waktu untuk menulis di blog kesayangan kita ini.....wkakwkak....oke cukup basa basinya nanti malah saya jadi basi....

Pada pertemuan pertama sistem operasi, kami sedikit menyinggung tentang virtualisasi yaitu teknik menyembunyikan sebuah hardware dan sofware di dalam komputer contohnya virtual box. Selain itu membahas sedikit tentang Linux,  Saat pertemuan kedua dibahas tentang sistem operasi.

        Saat pertama kali menggunakan komputer kita pasti berinteraksi dengan sistem operasi termasuk yang paling sering kita gunakan yaitu windows. Tapi apakah kita tau apa itu sistem operasi.Di sini saya juga diajarkan pengertian sistem operasi, yaitu suatu aplikasi yang mampu mengeksekusi program lain. Menurut beberapa sumber sistem operasi juga dapat dikatakan sebagai perantara sofware dengan hardware. Sistem Operasi juga menjalankan operasi dasar komputer. Sehingga sistem operasi dapat dikatakan sebagai seorang mandor dalam suatu proyek yang menghubungkan perancang dengan kuli/pekerja kasar. Peranan Sistem Operasi mengatur komputer(kumpulan sumber daya untuk penyimpanan, perpindahan dan pengolahan data)         Sistem operasi ada banyak jenis dan namanya, kaum penggunanya pun sangat beragam. Namun, untuk membuat sistem operasi tidak sembarangan. Untuk merancang desain sistem operasi harus ada syaratnya, yaitu  1) kenyamanan :Sistem operasi membuat komputer lebih mudah di pakai.2) efisiensi : Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer digunakan dengan cara yang sangat efisien.3) kemampuan untuk berevolusi : Sistem operasi harus disusun sedinamis mungkin sehingga memungkinkan pengembangan yangefektif, pengujian, dan penerapan fungsi-fungsi sistem baru tanpa mengganggu layanan yang telah ada.


Dalam sistem operasi dikenal juga istilah evolusi yang disebabkan oleh :
1) Munculnya hardware jenis baru
2) Layanan baru yang dibutuhkan pengguna 
3) Perbaikan (patches/bug fixes)

Jenis-jenis sistem operasi yakni Posix, Unix, Ms. Dos, Linux, Windows, Apple dll.

Sejarah sistem operasi komputer dibagi kedalam 4 generasi yaitu :
  • Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955).
  • Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
  • Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965).Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. 
  • Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960).
  • Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program sekaligus).
  • Sistem operasi generasi ke-empat (Tahun 1980an--pasca 1980an).
  • Dewasa ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.
3) kemampuan untuk berevolusi. Dalam sistem informasi disediakan beberapa layanan diantaranya sebagai berikut :1) Program Development    -Contoh : editors dan debugger2) Program Execution    -Sistem Operasi menangani penjadwalan eksekusi program yang diperlukan.3) Akses I/O    -Sistem Operasi pasti berhubungan dengan alat input dan output


Fungsi dari sistem operasi adalah :
a) Mengontrol pengaksesan sebuah file
     -Mosalnya suatu dokumen di print sehingga diakses ke printer dengan bersamaan dokumen itu dibuka.
b) Sistem Akses 
     Mengatus akses ke suatu sistem dan pengaturan sumber dayanya.
c)  Deteksi error dan respon
     -Misalnya pengecekan error internal dan ekterna suatu hardisk
     -Misalnya pengecekan error software
d)  Penghitungan
     -Mengumpulkan statistik penggunaan data
     -Memonitor kerja 










0 komentar:

Posting Komentar